cover
Contact Name
Lilis Satriah
Contact Email
lilis.satriah@uinsgd.ac.id
Phone
+628172315449
Journal Mail Official
jurnal.irsyad@uinsgd.ac.id
Editorial Address
https://jurnal.fdk.uinsgd.ac.id/index.php/irsyad/about/editorialTeam
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam
ISSN : 20864116     EISSN : 20864116     DOI : https://doi.org/10.15575/irsyad
Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung sejak tahun 2008. Jurnal ini mempublikasikan karya ilmiah hasil penelitian dalam mengembangkan konsep dan teori berkaitan dengan kajian Bimbingan dan Konseling Islam meliputi bimbingan konseling pendidikan Islam, bimbingan konseling mental Islam, bimbingan konseling karir Islam, bimbingan konseling Keluarga sakinah, bimbingan konseling paska bencana, bimbingan konseling Rohani Islam; penyuluhan Islam: penyuluhan sosial agama, penyuluhan penanggulangan NAPZA, penyuluhan keluarga berencana, penyuluhan remaja; media BKI: e-counseling Islam; training Islam, dan motivasi Islami. Naskah yang masuk ke editor jurnal sebelum dipublikasikan akan melewati penilaian melalui double blind review, artinya baik penulis maupun reviewer tidak saling mengetahui.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 2 (2018): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam" : 6 Documents clear
Pengaruh Penyuluhan Bina Keluarga Remaja terhadap Pola Asuh Demokratis Faya Largue Katili
Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 6 No 2 (2018): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam
Publisher : Department of Islamic Guidance and Counseling, Faculty of Dakwah and Communication, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (553.021 KB)

Abstract

This paper aims to determine the implementation and influence of counseling teenagers on the pattern of foster care democratic Pasir Biru Cibiru Bandung districts. This research method using descriptive method that involves data source from interview result with person in charge of counseling counseling of adolescent family, head of forum of family planning post and secretary of kelurahan and parents who become respondent at Pasir Biru Cibiru Bandung districts. Data analysis using quantitative analysis with sampling technique that is purposive sampling. The result of the research shows that the implementation of counseling of adolescent family begins with the beginning stages of heating and opening, the stage of discussion of past material, the stages of the subject matter by the method of discussion, and the closing stage. Development of counseling is the home visit that was conducted at the time of the target within two months of not attending the counseling meeting. The influence of the counseling shows strongly categorized influences by looking at community acceptable extension as one of the activities to enable parents to adopt democratic parenting style to adolescents. The influence of the family of origin, the parent's relationship with the child, the parental rejection of the child, the previous parent's figure and how excessive dependence on the parents makes other conditions affecting the application of democratic parenting. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dan pengaruh dari penyuluhan bina keluarga remaja terhadap pola asuh demokratis di kelurahan Pasir Biru kecamatan Cibiru Bandung. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang melibatkan sumber data dari hasil wawancara dengan penanggung jawab penyuluhan bina keluarga remaja, ketua forum pos keluarga berencana dan sekretaris kelurahan serta orang tua yang menjadi responden di Kelurahan Pasir Biru Kecamatan Cibiru Bandung. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan penyuluhan bina keluarga remaja diawali dengan tahap permulaan yaitu pemanasan dan pembukaan, tahap pembahasan materi yang lalu, tahap materi pokok dengan metode diskusi, dan tahap penutup. Pengembangan penyuluhan yaitu kunjungan rumah yang dilakukakan pada saat sasaran dalam waktu dua bulan tidak menghadiri pertemuan penyuluhan. Pengaruh penyuluhan tersebut menunjukkan pengaruh yang dikategorikan kuat dengan melihat penyuluhan dapat diterima masyarakat sebagai salah satu kegiatan agar orang tua menerapkan pola asuh demokratis terhadap remaja. Pengaruh keluarga asal, hubungan orang tua dengan anak, sikap penolakan orang tua terhadap anak, figur orang tua sebelumnya dan bagaimana ketergantungan yang berlebihan terhadap orang tua menjadikan syarat lain yang mempengaruhi penerapan pola asuh demokratis.
Pengaruh Pembinaan Kerohanian terhadap Kemampuan Anger Management Warga Binaan Febi Fauziah
Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 6 No 2 (2018): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam
Publisher : Department of Islamic Guidance and Counseling, Faculty of Dakwah and Communication, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (703.649 KB)

Abstract

This paper aims to know the implementation of spiritual guidance in Correctinal Facility, looking for the presence or absence of influence between spiritual guidance with the ability of anger management of the jailbird, and measure the condition of anger management of the jailbird in Correctional Facility. The research method used descriptive method involving data source from the jailbird and the officer responsible for the activity of spiritual guidance. Data analysis with quantitative analysis. The results showed spiritual guidance conducted on Monday-Friday consisting of tausiah, Iqro, Juz 'Amma and Al-Qur'an and pesantren shalihah. There is influence between spiritual guidance and anger management and the anger management of the jailbirds people who follow the spiritual guidance is categorized as good. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembinaan kerohanian di Lapas, mencari ada tidaknya pengaruh antara pembinaan kerohanian dengan kemampuan anger management warga binaan, dan mengukur kondisi anger management warga binaan di Lapas Wanita Kelas II A Bandung. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif yang melibatkan sumber data dari warga binaan sekaligus petugas yang bertanggung jawab atas kegiatan pembinaan kerohanian. Analisis data dengan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan pembinaan kerohanian dilaksanakan pada hari senin-jum’at yang terdiri dari tausiah, Iqro, Juz ‘Amma dan Al-Qur’an serta pesantren shalihah. Terdapat pengaruh antara pembinaan kerohanian dan anger management. Serta kondisi anger management warga binaan yang mengikuti pembinaan kerohanian tergolong kategori baik.
Layanan Bimbingan Pra Nikah dalam Membentuk Kesiapan Mental Calon Pengantin Fithri Laela Sundani
Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 6 No 2 (2018): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam
Publisher : Department of Islamic Guidance and Counseling, Faculty of Dakwah and Communication, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (506.905 KB)

Abstract

This study aims to determine the implementation process of guidance services program, to know the supporting and inhibiting factors of pre-marital guidance services, and to determine the results of pre-marital guidance services. The research method used in this research is to use descriptive method with qualitative approach, because the purpose of research is to and give explanation. The techniques or methods of reporting are, interviews, and documentation studies. The result of the pre-marriage guidance program is the process of pre-training guidance service in KUA Cileunyi using lecture / consultation method and discussion / question and answer method, pre-implementation guidance activity. There are no supporting factors and obstacles, the supporting factor is the guide of the material to be conveyed to the bride and groom, while the inhibiting factor is the absence of the prescribing day prescribed by the KUA. Then, the outcomes of pre-service guidance from interviews with bridal brides provide very useful guidance as much of the knowledge they gain from the process, and they are mentally prepared to nurture a happy home. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan program layanan bimbingan pra nikah, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari layanan bimbingan pra nikah, dan untuk mengetahui hasil dari layanan bimbingan pra nikah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, karena tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan dan memberikan penjelasan. Teknik atau cara pengumpulan datanya yaitu dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil pelaksanaan program bimbingan pra nikah ini yaitu bahwa proses pelaksanaan layanan bimbingan pra nikah di KUA Cileunyi menggunakan metode ceramah/nasihat dan metode diskusi/tanya jawab, kegiatan bimbingan pra nikah tersebut dilaksanakan pada waktu sepuluh hari kerja setelah melakukan pendaftaran. Proses bimbingan pra nikah tidak selamanya berjalan dengan baik melainkan ada faktor pendukung dan penghambat, faktor pendukungnya yaitu pembimbing sangat menguasai materi yang akan disampaikan kepada calon pengantin, sedangkan faktor penghambatnya yaitu tidak adanya hari bimbingan pra nikah yang ditetapkan oleh KUA. Kemudian, hasil dari layanan bimbingan pra nikah dari hasil wawancara dengan calon pengantin bahwa bimbingan pra nikah sangat bermanfaat bagi yang mengikutinya karena banyak pengetahuan yang mereka dapatkan dari proses bimbingan tersebut, serta mereka telah siap mental untuk membina rumah tangga yang bahagia.
Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Self Acceptance Santri Gea Rahmalia Putri
Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 6 No 2 (2018): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam
Publisher : Department of Islamic Guidance and Counseling, Faculty of Dakwah and Communication, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (456.713 KB)

Abstract

This paper reveals about the program, implementation, and achievement of the group guidance program to improve self acceptance student in Pondok Pesantren Persatuan Islam 76 Garut. The method used in this research is descriptive method of analysis with qualitative approach. Data collection techniqueus were done through moderate observation, semi-structured interviess (in depth interview), sampled by nonprobability sampling using purposive sampling, and documentation. The results obtained in this study indicate that the program guidance group in Pondok Pesantren Persatuan Islam 76 Garut increased in self confidences in himself, responsible for what he has, and have a humble attitude. Tulisan ini mengungkapkan tentang program, pelaksanaan, dan pencapaian mengenai program bimbingan kelompok untuk meningkatkan self acceptance santri di Pondok Pesantren Persatuan Islam 76 Garut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deksriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi moderat, wawancara semi terstruktur (in depth interview), diambil sampel secara nonprobability sampling menggunakan purposive sampling, serta dokumentasi. Hasil yang didapat dalam penelitian ini menunjukkan bahwa program bimbingan kelompok di pondok Pesantren Persatuan Islam 76 Garut mengalami peningkatan dalam kepercayaan diri santri, mampu menerima kekurangan pada dirinya, bertanggung jawab atas apa yang dimilikinya, serta memiliki sikap rendah hati.
Hubungan Bimbingan Akhlak Al-karimah dengan Pembentukan Karakter Remaja terhadap Perilaku Narsistik Ila Nurfadilah
Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 6 No 2 (2018): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam
Publisher : Department of Islamic Guidance and Counseling, Faculty of Dakwah and Communication, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (639.132 KB)

Abstract

This research aims to know the behavior of narcissistic teenagers in SMP Negeri 3 Ciparay, guidance of the morals of al-karimah committed to form characters in SMP Negeri 3 Ciparay, as well as the guidance of the morals of al-karimah with establishment of teenage characters against a narcissistic behavior in SMP Negeri 3 Ciparay. The methods used in this study is the method mix is a combination of quantitative methods with qualitative descriptive method koreasional. Based on the results of the analysis of research data, that teenaged narcissistic behavior in SMP Negeri 3 Ciparay categories of being, the guidance of the morals of al-karimah conducted namely familiarize always behave commendable and there is a relationship between the guidance the morals of al-karimah with formation of character against a narcissistic behavior of adolescents with a strong degree of relatedness. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku narsistik remaja di SMP Negeri 3 Ciparay, bimbingan akhlak al-karimah yang dilakukan untuk membentuk karakter di SMP Negeri 3 Ciparay, serta hubungan antara bimbingan akhlak al-karimah dengan pembentukan karakter remaja terhadap perilaku narsistik di SMP Negeri 3 Ciparay. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran yang merupakan gabungan dari metode kuantitatif koreasional dengan metode kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, bahwa perilaku narsistik remaja di SMP Negeri 3 Ciparay berada pada kategori sedang, bimbingan akhlak al-karimah yang dilakukan yaitu membiasakan selalu berperilaku terpuji dan terdapat hubungan antara bimbingan akhlak al-karimah dengan pembentukan karakter remaja terhadap perilaku narsistik dengan tingkat keterkaitan yang kuat.
Bimbingan Keagamaan untuk Meningkatkan Emotional Intelligence Siswa Inda Fadhilah
Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 6 No 2 (2018): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam
Publisher : Department of Islamic Guidance and Counseling, Faculty of Dakwah and Communication, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (477.198 KB)

Abstract

This paper reveals about the program of guidance learning, implementation of guidance to improve students 'emotional intelligence, as well as improving students' emotional intelligence after running guidance in MTs Al-Hijrah Cimaung. The research method used descriptive method with qualitative approach. The results showed that the guidance program became the basis of religious guidance services. Then held guidance to improve the emotional intelligence of students in MTs Al-Hijrah Cimaung which consists of five types of activities, namely reading and reviewing the Qur'an, dhuha prayer, dhuhur prayer bersama, da'wah safari, and pengajian (Raudhatut ta ' lim asy-syahriyah). Based on the program and its implementation process, showed that the improvement of students' emotional intelligence after guidance is highly categorized as high. It was confirmed from the aspect of his intelligence, which is to recognize the emotions of self, manage emotions, motivate yourself, recognize the emotions of others, and foster relationships. So with the existence of religious guidance activities can improve students' emotional intelligence in MTs Al-Hijrah Cimaung. Tulisan ini mengungkapkan tentang program bimbingan keagamaan, pelaksanaan bimbingan keagamaan untuk meningkatkan emotional intelligence siswa, serta peningkatkan emotional intelligence siswa setelah melaksanakan bimbingan keagamaan di MTs Al-Hijrah Cimaung. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program bimbingan menjadi dasar layanan bimbingan keagamaan. Kemudian pelaksanaan bimbingan kegamaan untuk meningkatkan emotional intelligence siswa di MTs Al-Hijrah Cimaung dibagi menjadi lima jenis kegiatan, yaitu membaca dan mengkaji al-Qur’an, shalat dhuha, shalat dzuhur berjama’ah, safari dakwah, dan pengajian (Raudhatut ta’lim asy-syahriyah). Berdasarkan program dan proses pelaksanaannya, menunjukkan bahwa peningkatkan emotional intelligence siswa setelah mendapat bimbingan keagamaan dikategori sangat tinggi. Hal tersebut dipertegas dari aspek kecerdasan emosional yaitu mengenali emosi diri, mengelola emosi, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain, dan membina hubungan. Sehingga dengan adanya kegiatan bimbingan keagamaan dapat meningkatkan emotional intelligence siswa di MTs Al-Hijrah Cimaung.

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 9 No 1 (2021): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 8 No 4 (2020): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 8 No 3 (2020): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 8 No 2 (2020): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 8 No 1 (2020): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 7 No 4 (2019): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 7 No 3 (2019): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 7 No 2 (2019): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 7 No 1 (2019): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 6 No 4 (2018): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 6 No 3 (2018): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 6 No 2 (2018): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 6 No 1 (2018): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 5 No 4 (2017): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 5 No 3 (2017): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 5 No 2 (2017): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 5 No 1 (2017): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam Vol 1 No 1 (2008): Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam More Issue